Apa Itu Google Dance? Penyebab, Pengaruh dan Cara Mengatasinya

Mungkin Anda pernah melihat konten di situs Anda bahkan orang lain berada di peringkat yang tidak menentu di Search Engine Result Pages (SERP), pada kata kunci tertentu. Google Dance mengacu pada fenomena posisi situs web yang mengalami posisi lebih tinggi/rendah ketika Google menyesuaikan dan mengevaluasi ulang halamannya. 

Misalkan Anda melakukan pencarian, awalnya Anda melihat konten yang anda cari berada di posisi teratas, kemudian Anda me-refresh halaman atau melakukan pencarian di perangkat lain dan menunjukkan posisinya turun atau bahkan naik.

Jika Anda pernah mengalami kejadian tersebut, kemungkinan Google Dance telah mempengaruhi halaman situs web Anda. 

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa ini terjadi dan bagaimana cara mengatasinya. Jadi mari kita bahas tentang apa itu Google Dance dan bagaimana pengaruhnya terhadap peringkat situs web.

Apa Itu Google Dance

Google Dance adalah salah satu algoritme Google yang berfungsi untuk merestrukturisasi situs web di SERP, tugasnya adalah menentukan peringkat yang tepat untuk sebuah halaman web berdasarkan konten dan kata kunci yang digunakan.

Peran Google Dance adalah mengidentifikasi konten dan tautan yang digunakan di halaman situs web. Apakah konten di situs web tersebut adalah buatan manusia atau bukan, begitu pula dengan penggunaan tautannya.

Apabila ingin hasil SERP yang optimal maka sesuaikan dengan kaidah optimasi Google. Agar situs web Anda mendapatkan ranking proporsional sesuai kualitas konten atas topik yang diangkat.

Halaman situs web yang memiliki ranking tak menentu naik atau turun adalah dampak dari Google Dance. Seperti namanya, ia memiliki arti mengguncang atau menggoyangkan ranking suatu situs web.

Google Dance biasanya mempengaruhi sebuah situs web yang mencoba bermain teknik SEO secara berlebihan. Apabila algoritme Google menemukan indikator tersebut maka situs web Anda bisa saja terkena sasaran Google Dance.

Lalu apa yang menyebabkan suatu situs web terkena dampak Google Dance, berikut informasi lengkapnya.

Apa Penyebab dari Google Dance

Penyebab terkenanya dampak Google Dance dipengaruhi oleh beberapa faktor, faktor yang dapat mempengaruhi antara lain:

1. Banyak Bermunculan Konten yang Serupa

Munculnya situs-situs baru dengan konten serupa membuat Google Dance bekerja mencari halaman paling relevan untuk ditampilkan di SERP.

Situs-situs tersebut akan dipetakan dalam beberapa hari dan akan dievaluasi situs mana yang akan mendapatkan ranking yang tepat. Algoritme Google akan menganalisis konten dan tautan untuk menentukan peringkat halaman situs web yang sesuai.

2. Memperbarui Konten Secara Tidak Wajar

Akibat seringnya melakukan update konten, membuat ranking tidak menentu di SERP, bahkan beberapa hari tidak muncul dengan kata kunci yang dibuat. Namun, ketika menggunakan kata kunci yang berbeda, konten masih dapat ditemukan di SERP.

Jadi, jika Anda tidak ingin mengalami hal demikian, sebaiknya perbarui konten Anda dalam beberapa minggu atau mungkin per bulan.

3. Mengubah Slug atau Permalink

Slug atau permalink adalah salah satu yang dapat mempengaruhi ranking di SERP, dengan menggunakan slug yang sesuai dengan kata kunci target maka algoritme Google akan memberikan ranking yang baik.

Namun, mengubah slug bisa membuat mesin pencari bingung, URL mana yang diprioritaskan untuk mendapatkan posisi di SERP.

Untuk melakukan ini, jika mengubah slug, Anda harus menghapus slug yang lama melalui Google Search Console, agar terhindar sebagai konten duplikasi.

4. Memiliki Backlink yang Tidak Wajar

Artikel yang baru saja dipublish jangan terlalu cepat dipasangkan backlink hanya karena ingin mendapatkan ranking bagus. Hal ini bisa berakibat fatal, apalagi jika kontennya tidak berkualitas.

Penggunaan backlink yang berlebihan atau tidak wajar, bisa sangat merugikan posisi halaman website Anda. Dengan penggunaan backlink yang banyak, situs web Anda dapat terdeteksi sebagai spam.

Untuk itu buatlah konten yang lengkap dan menarik, tunggu selama beberapa minggu lalu pasangkan backlink untuk hasil yang maksimal.

5. Umur Situs Masih Muda Tapi Berada di Posisi Teratas

Situs web yang baru berumur beberapa bulan tetapi langsung masuk ke halaman satu atau berada di posisi teratas dapat membuat algoritme Google curiga, sehingga mereka harus menganalisis konten dan tautan halaman situs web Anda.

Apakah situs web Anda layak mendapatkan posisi teratas atau tidak. Setelah analisis selesai, Google akan menentukan posisi apa yang tepat untuk konten Anda.

Apa Pengaruh dari Google Dance

Situs web yang terpengaruh Google Dance dapat ditemukan dengan ciri-ciri sebagai berikut:

Situs web Anda masih bisa terindeks dengan baik oleh Google di SERP dan oleh mesin pencari lainnya namun memiliki peringkat SERP yang bervariasi setiap hari bahkan setiap jam.

Halaman situs web Anda dapat ditemukan di salah satu kata kunci yang dituju. Namun kata kunci lain tidak muncul alias tidak tepat.

Situs web Anda terkadang muncul di SERP dan terkadang tidak muncul. Ada beberapa kata kunci yang Anda targetkan, namun menghasilkan SERP yang berbeda.

Cara Mengatasi Google Dance

Jika konten Anda mengalami dampak Google Dance, Anda tidak perlu panik. Karena itu sudah menjadi tugas algoritme Google. Namun, untuk menghindari dampak Google Dance yang berlebihan ada beberapa cara untuk mengatasinya sebagai berikut:

  • Kurangi link-in, terutama di sisi on-page SEO. Bila perlu, hapus atau blokir tautan yang terlalu banyak di situs Anda, sehingga tidak terekam di cache Google.
  • Perbarui konten dengan kata kunci yang paling relevan, tentu saja lakukan secara wajar tidak berlebihan. Jika terjadi perubahan konten, Google akan mendeteksi ini sebagai konten baru.
  • Perbarui dan tambahkan konten orisinal dan berkualitas secara teratur.
  • Jangan terlalu sering mengoptimasi situs terutama dari sisi on-page, karena akan membuat Google semakin bingung menentukan posisi SERP. 
  • Kurangi tautan masuk, dan perbarui tautan sesuai dengan kebutuhan.
  • Berhentilah mencari backlink yang berlebihan apalagi backlink yang tidak berkualitas. Karena Google akan mendeteksi ini sebagai spam.

Kesimpulan

Jika situs web terkena pengaruh Google Dance, Anda tidak perlu khawatir, karena itu adalah tugas algoritme SERP Google untuk menentukan posisi halaman situs web Anda dengan tepat.

Oleh karena itu, buatlah konten yang lengkap dan menarik untuk memenangkan posisi peringkat teratas sebagai hasil dari Google Dance.

Dengan konten yang lengkap dan menarik, algoritme Google mendeteksi bahwa konten Anda berkualitas sehingga dapat menentukan posisi peringkat dengan tepat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url