Jalur ke Dieng via Kajen, Paling Aman Untuk Roda Empat

Dataran Tinggi Dieng dikenal sebagai salah satu destinasi wisata populer di Jawa Tengah. Selain keindahan alamnya, Dieng juga memiliki banyak keunikan dan daya tarik lainnya. Namun, sebagian orang masih awam atau bingung memilih jalur wisata menuju ke Dieng harus lewat yang mana?

Jalur ke Dieng via Kajen mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang hendak berwisata menuju Dataran Tinggi Dieng. Jalur ini adalah jalur utama penghubung Kabupaten Pekalongan dengan Kabupaten Banjarnegara, keadaan jalannya cukup baik, aspal lebar dan halus. Jadi cocok bagi Anda yang berkendara dengan menggunakan roda empat.

Kajen adalah sebuah kecamatan atau ibu kota dari Kabupaten Pekalongan. Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi lainnya seperti motor, mobil dan lain-lain. Selain itu, Kajen merupakan salah satu rute populer yang didominasi kendaraan menuju ke tempat-tempat wisata seperti Linggoasri, Kali Paingan, Pacalan, Kebun Teh Pagilaran dan Dieng. 

Jalur ke Dieng via Kajen

Jalur Kajen-Dieng ini sangat sangat cocok bagi Anda yang berangkat pagi hari dari arah Pekalongan. Jalanan yang berliku, udara yang sejuk dan bentang alam desa yang cantik akan menjadi pemandangan Anda di sepanjang perjalanan. Selain itu, ada beberapa objek wisata lokal yang bisa ditemui ketika melalui jalur Kajen, seperti objek wisata Linggoasri, Kali Paingan, Curug Siwatang, Pacalan, Kebun Teh Pagilaran, Kebun Teh Kertosari dan lain-lain.

Rute : Kajen – Paninggaran – Kalibening – Wanayasa – Batur – Dieng.

Jika Anda dari Jakarta dan sekitarnya hendak menuju Dieng, Anda bisa menggunakan kereta api dan transit di Stasiun Pekalongan untuk kemudian ganti kendaraan melanjutkan perjalanan menuju ke Dieng. Namun, bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi atau bus dan travel, Anda bisa melalui Tol Pemalang-Batang dan kemudian keluar Exit Tol Bojong untuk melanjutkan perjalanan melalui Kajen.

Kelebihan Jalur Dieng via Kajen

Setidaknya ada empat kelebihan yang bisa Anda dapatkan bila berwisata ke Dieng melalui Kajen:

  • Pertama, Kajen dekat dengan Kota Pekalongan yang sudah didukung oleh moda transportasi Kereta Api dari Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya. 
  • Kedua, jarak tempuh Kajen-Dieng sangat dekat, hanya berjarak sekitar 80,4 km dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam 33 menit, ditempuh dengan kendaraan pribadi (data dilihat dari Google Maps). Sedangkan real time-nya sekitar 2-3 jam, tergantung kondisi lalu lintas jalan.
  • Ketiga, jalur Kajen-Dieng merupakan jalan nasional sebagai penghubung dua kabupaten (Pekalongan-Banjarnegara). Jadi jalan ini cukup safety dengan keadaan jalan beraspal yang sudah memumpuni.
  • Keempat, jika kelelahan ketika menuju ke Dieng maupun sepulang dari Dieng, bisa istirahat dahulu di Pekalongan yang terdapat banyak tempat penginapan seperti hotel berbintang maupun guest house. Jadi bisa melanjutkan kembali perjalanan dengan kondisi badan yang fit. 

Dari keempat keuntungan yang telah disebutkan di atas, menunjukkan bahwa jalur ke Dieng melalui Kajen cukup strategis, banyak moda transportasi maupun fasilitas lainnya yang bisa Anda jangkau.

Kekurangan Jalur Dieng via Kajen

Setidaknya ada empat kekurangan yang ada pada jalur Dieng melalui Kajen:

  • Pertama, jalur Kajen-Dieng berliku dan naik turun. Pastikan gunakan kendaraan Anda dengan laju yang stabil.
  • Kedua, banyak lalu lalang bus dan truk muatan. Jadi saat hendak menyalip kendaraan di depan harus lebih berhati-hati.
  • Ketiga, jalur Kajen-Dieng akan melewati hutan Linggoasri yang terkadang ada kerumunan monyet di jalan. Bagi Anda yang menggunakan roda dua pastikan laju kendaraan Anda tidak terlalu pelan atau terlalu kencang.
  • Keempat, setelah melewati Kajen jarak pom bensin ke pom berikutnya cukup jauh. Usahakan Anda mengisi bensin secara penuh terlebih dahulu.  

Dari keempat kekurangan yang telah disebutkan di atas, menunjukkan ada empat poin yang perlu diperhatikan sebelum melalui jalur Kajen. Agar Anda dapat mempersiapkan segalanya dengan baik.

Kendaraan Yang Bisa Digunakan

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil untuk menuju ke Dieng via Kajen. Selain itu, terdapat juga transportasi umum seperti bus atau travel yang tersedia di Kabupaten/Kota Pekalongan.

Tips Perjalanan Dieng via Kajen

Beberapa tips untuk perjalanan ke Dieng melalui Kajen antara lain:

  • Persiapkan diri dengan baik, termasuk membawa perlengkapan kesehatan.
  • Perhatikan kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk perjalanan.
  • Sebaiknya menghindari perjalanan pada hari-hari libur atau akhir pekan untuk menghindari kemacetan.
  • Pastikan untuk membawa uang tunai dan kartu kredit/debit yang masih berlaku, karena di sepanjang perjalanan banyak terdapat warung makan dan tempat perbelanjaan yang mungkin hanya menerima pembayaran tunai.
  • Terakhir, jangan lupa untuk menikmati setiap momen perjalanan ke Dieng. 

Jangan terburu-buru dan nikmati keindahan alam serta keunikan budaya yang ada di sepanjang perjalanan. Selamat menikmati perjalanan ke Dieng via Kajen!

Kesimpulan

Perjalanan ke Dieng melalui Kajen akan menjadi pengalaman wisata yang menarik bagi Anda. Kajen menjadi salah satu rute populer wisatawan karena merupakan jalan utama penghubung Kabupaten Pekalongan dengan Kabupaten Banjarnegara. Daerah ini telah didukung oleh berbagai jenis moda transportasi dan fasilitas lainnya yang terjangkau.

Untuk melakukan perjalanan ke Dieng melalui Kajen, yang terpenting mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti tips keamanan dan kenyamanan berkendara. Perhatikan kondisi kendaraan, hindari waktu-waktu padat, jangan terburu-buru dan nikmati perjalanan dengan menyenangkan.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Dieng melalui jalur Kajen yang menawarkan keindahan alam, keunikan budaya, dan pengalaman wisata yang menarik lainnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url