Peran Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Pembelajaran IPS

Keterkaitan IPS dengan pendidikan lingkungan hidup - Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah untuk membantu peserta didik memahami masyarakat, budaya, politik, ekonomi, dan lingkungan sekitarnya. Dalam pembelajaran IPS, terdapat berbagai aspek yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah pendidikan lingkungan hidup.

Pendidikan lingkungan hidup merupakan bagian penting dalam upaya membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. Dengan melibatkan peserta didik dalam pendidikan lingkungan hidup, mereka akan menjadi generasi yang sadar akan dampak dari tindakan mereka terhadap lingkungan. Hal ini akan menciptakan generasi yang lebih peduli terhadap lingkungan dan bertanggung jawab terhadap keberlanjutan lingkungan.

Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup

Pendidikan lingkungan hidup adalah suatu program pendidikan untuk membina peserta didik agar memiliki pengertian, kesadaran, sikap, dan perilaku yang rasional serta bertanggung jawab tentang pengaruh timbal balik antara penduduk dengan lingkungan dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Tujuan Pendidikan Lingkungan Hidup

Tujuan umum pendidikan lingkungan hidup menurut UNESCO pada Konferensi Tbilisi (1997) sebagai wadah untuk mensosialisasikan Environmental Education merumuskan tujuan antara lain:

  1. Membantu menjelaskan masalah kepedulian serta perhatian tentang saling keterkaitan antara ekonomi, sosial, politik, dan ekologi di kota maupun di wilayah pedesaan.
  2. Memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk mengembangkan pengetahuan, nilai, sikap, komitmen, dan kemampuan yang dibutuhkan untuk melindungi dan memperbaiki lingkungan.
  3. Menciptakan pola perilaku yang baru pada individu, kelompok, dan masyarakat sebagai suatu keseluruhan terhadap lingkungan. Tujuan yang ingin dicapai tersebut meliputi aspek: pengetahuan, sikap, kepedulian, keterampilan dan partisipasi.

Konsep Pembelajaran IPS

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah suatu bidang studi yang mempelajari, menelaah dan menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat ditinjau dari berbagai aspek kehidupan secara terpadu. IPS mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu sosial dan humaniora yaitu: geografi, ekonomi, sejarah, sosiologi dan antropologi. 

Tujuan Pembelajaran IPS

Menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tujuan pembelajaran IPS antara lain:

  1. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
  2. Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilaisosial dan kemanusiaan.
  4. Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional dan global.

Keterkaitan Pendidikan Lingkungan Hidup dan Pembelajaran IPS

Pendidikan lingkungan hidup bukanlah suatu bidang studi yang berdiri sendiri. Namun, dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran IPS. Pembelajaran IPS di sekolah dirasa sangat tepat dalam mengajarkan pendidikan lingkungan hidup kepada peserta didik. IPS adalah suatu bidang studi yang di ajarkan mulai dari sekolah dasar, sekolah menegah hingga perguruan tinggi: SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, akademi, institut, politeknik, sekolah tinggi, dan universitas.

Pembelajaran IPS di sekolah merupakan salah satu bidang studi yang sengaja dirancang dan dilaksanakan untuk mengembangkan rasa kepedulian lingkungan terhadap warga negara. Hal tersebut menunjukkan bahwa IPS sebagai salah satu bidang studi yang bertujuan meningkatkan dan menumbuhkan pengetahuan, kesadaran dan sikap sebagai warga negara yang bertanggung jawab kepada bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran IPS dapat dilakukan dengan mengkaji isu-isu permasalahan global. Permasalahan global dalam pembelajaran IPS adalah isu-isu lingkungan terutama berkaitan dengan akibat eksploitasi sumber daya manusia dan pengelolaan kekayaan bumi: tanah, hutan dan unsur lainya.

Peran Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Pembelajaran IPS

Pendidikan lingkungan hidup memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran IPS. Salah satu perannya adalah memberikan pemahaman yang mendalam tentang hubungan antara manusia dan lingkungan. Dengan mempelajari dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan, peserta didik dapat memahami pentingnya pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan untuk keberlangsungan hidup.

Pendidikan lingkungan hidup mengajak peserta didik untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal. Peran pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran IPS bagi peserta didik adalah untuk menanamkan sikap sadar atau peka terhadap masalah lingkungan yang terjadi di masyarakat, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat dan lingkungan.

Kesimpulan

Pendidikan lingkungan hidup memiliki peran penting dalam pembelajaran IPS. Melalui pendidikan ini, peserta didik dapat memahami pentingnya menjaga lingkungan dan mengembangkan kesadaran serta tanggung jawab terhadap keberlanjutan lingkungan. Dalam pembelajaran IPS, pendidikan lingkungan hidup dapat dilakukan dengan mengkaji permasalahan global seperti isu-isu lingkungan. Dengan pendekatan yang menarik dan dukungan yang kuat, pendidikan lingkungan hidup dapat menciptakan generasi yang peduli dan bertanggung jawab terhadap masa depan bumi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url